MEDIA PEMBELAJARAN PAI
1. KARTU ARISAN
Media : 1.Buat kartu (10x10 cm) sejumlah siswa untuk menulis jawaban dan
kartu/kertas ukuran 5x5 cm untuk menulis soal
2. Gelas
Langkah – langkah :
1. Bentuk kelompok 4
orang secara heterogen
2. Kertas jawaban
bagikan pada siswa masing – masing 1 lembar / kartu soal digulung dan
dimasukkan dalam gelas
3. Gelas yang sudah
berisi soal dikocok, kemudian salah satu yang jatuh, dibacakan agar dijawab
oleh siswa yang memegang kartu jawaban
4. Apabila jawaban benar
maka siswa dipersilahkan tepuk tangan
5. Setiap jawaban yang
benar siswa diberi point 1 sebagai nilai kelompok sehingga nilai total kelompok
merupakan penjumlahan point dari para anggotanya
6. Dan seterusnya
2.
EXAMPLE NON EXAMPLES
Contoh dapat dari kasus/gambar yang
relevan dengan KD/K
Langkah - langkah :
1. Guru mempersiapkan
gambar- gambar sesuai dengan tujuan pembelajaran
2. Guru menempelkan
gambar di papan atau ditayangkan lewat OHP
3. Guru memberi petunjuk
dan memberi kesempatan pada siswa untuk memperhatikan/menganalisa gambar.
4. Memalui diskusi
kelompok 2-3 orang siswa, hasil diskusi dari analisa gambar tersebut dicatat
pada kertas
5. Tiap kelompok diberi
kesempatan membaca hasil diskusinya.
6. Mulai dari
komentar/hasil diskusi siswa, guru mulai menjelaskan materi sesuai tujuan yang ingin dicapai
7. Kesimpulan
3. PICTURE AND
PICTURE
Langkah - langkah :
1. Guru menyampaikan
kompetensi yang ingin dicapai
2. Menyajikan materi
sebagai pengantar
3. Guru
menunjukkan/memperlihatkan gambar-gambar kegiatan ekonomi yang berkaitan dengan
materi
4. Guru
menunjuk/memanggil siswa secar bergantian
5. Memasang/mengurutkan
gambar-gambar menjadi urutan yang logis
6. Guru menanyakan
alasan/dasar pemikiran urutan gamabar tersebut
7. Dari alasan/urutan
gambar tersebut guru memulai menanamkan konsep/materi sesuai dengan kompetensi
yang ingin dicapai
8. Kesimpulan
4. COOPERATIVE SCRIPT
Skrip kooperatif, metode belajar dimana siswa bekerja berpasangan dan
bergantian secara lisan mengihtisarkan, bagian-bagian dari materi yang
dipelajari.
Langkah – langkah :
1. Guru membagi siswa
untuk berpasangan
2. Guru membagikan
wacana/materi tiap siswa untuk dibaca dan membuat ringkasan
3. Guru dan siswa
menetapkan siapa yang pertma berperan sebagai pembicara dan siapa yang berperan
sebagai pendengar
4. Pembicara membacakan
ringkasannya selengkap mungkin, dengan memasukkan ide-ide pokok dalam
ringkasannya. Sementara pendengar :
a. Menyimak/mengkoreksi/menunjukkan
ide-ide pokok yang kurang lengkap
b. Membantu
mengingat/menghafal ide-ide pokok dengan menghubungkan materi sebelumnya atau
dengan materi lainnya.
5. Bertukar peran,semula
sebagai pembicara ditukar menjadi pendengar dan sebaliknya. Serta lakukan
seperti diatas
6. Kesimpulan
5.
KEPALA BERNOMOR
STRUKTUR (Modifikasi Numbered Head Together)
Langkah – langkah :
1.
Siswa dibagi dalam kelompok,
setiap siswa dalam setiap kelompok mendapat nomor.
2. Penugasan diberikan
kepada setiap siswa berdasarkan nomornya terhadap tugas yang berangkai
3. Misalnya : Siswa
nomor satu bertugas mencatat soal. Siswa nomor dua mengerjakan soal dan siswa
nomor tiga melaporkan hasil pekerjaan dan seterusnya.
4. Jika perlu, guru bisa
menyuruh kerjasama antar kelompok. Siswa disuruh keluar dari kelompoknya dan
bergabung bersama beberapa siswa bernomor sama dari kelompok lain. Dalam
kesempatan ini siswa dengan tugas yang sama bisa saling membantu atau
mencocokan hasil kerjasama mereka.
5. Laporan hasil
kelompok dan tanggapan dari kelompok yang lain.
6. Kesimpulan
6. ARTIKULASI
Langkah – langkah :
1. Menympikan tujuan
pembelajaran yang ingin dicapai
2. Guru menyajikan
materi sebagaimana biasa
3. Untuk mengetahui daya
serap siswa, bentuklah kelompok berpasangan dua orang.
4. Suruhlah seseorang
dari pasangan itu menceritakan materi yang baru diterima dari guru dan
pasangannya mendengar sambil membuat catatan-catatan kecil, kemudian berganti
peran. Begitu juga kelompok lain.
5. Suruh siswa secara
bergantian/diacak menyampaikan hasil wawancaranya dengan teman pasangannya.
Sampai sebagian siswa sudah menyampaikan hasil wawancaranya.
6. Guru
mengulangi/menjelaskan kembali materi yang sekirannya belum dipahami siswa.
7. Kesimpulan
7. MIND MAPPING
Sangat baik digunakan untuk pengetahuan awal siswa atau untuk menemukan
alternatif jawaban
Langkah – langkah :
1. Guru menyampaikan
kompetensi yang ingin dicapai
2. Guru mengemukakan
konsep/permasalahan yang akan ditanggapi oleh siswa/sebaliknya permasalhan yang
mempunyai alternatif jawaban
3. Membentuk kelompok
yang anggotanya 2-3 orang
4. Tiap kelompok
menginventaris/mencatat alternatif jawaban hasil diskusi
5. Tiap kelompok (atau
diacak kelompok tertentu) membaca hasil diskusinya dan guru mencatat di papan
dan mengelompokkan sesuai kebutuhan guru.
6. Dari data-data di
papan siswa diminta membuat kesimpulan atau guru memberi bandingan sesuai
kensep yang diberikan guru.
8.
MAKE A MATCH (Mencari
pasangan)
Langkah – langkah :
1. Guru menyiapkan
beberapa kartu yang berisi beberapa konsep atau topik yang cocok untuk sesi
review, sebaliknya satu bagian kartu soal dan bagian lainnya kartu jawaban
2. Setiap siswa mendapat
satu buah kartu
3. Tiap siswa memikirkan
jawaban/soal kartu yang dipegang
4. Setiap siswa mencari
pasangan yang mempunyai kartu yang cocok
dengan kartunya
5. Setiap siswa yang
dapat mencocokkan kartunya sebelum batas waktu diberi point
6. Setelah satu babak
kartu dikocoklagi agar tiap siswa mendapat kartu yang berbeda dari sebelumnya
7. Demikian seterusnya
8. Kesimpulan
9. DEBATE
Langkah – langkah :
1. Guru membagi dua
kelompok peserta debat yang satu pro dan satu lainya kontra
2. Guru memberikan tugas
untuk membacakan materiyang kan didebatkan oleh kelompok diatas
3. Setelah selesai
membaca materi. Guru menunjuk salah satu anggota kelompok pro untuk berbicara
saat itu ditanggapi atau dibalas oleh kelompok kontra demikian seterusnya
sampai sebagian besar siswa bisa mengemukakan jawabannya
4. Sementara siswa
menyampaikan gagasanya guru menulis ide-ide dari setiap pembicaraan dipapan
tulis. Sampai sejumlah ide yang diharapkan guru terpenuhi
5. Guru menambahkan konsep/ide
yang belum terungkap
6. Dari data-data
dipapan tersebut, guru mengajak siswa membuat kesimpulan /rangkuman yang
mengacu pada topik yang ingin dicapai.
10. ROLE PLAYING
Langkah – langkah :
1. Guru menyusun
sekenario yang ditampilkan
2. Menunjuk beberapa
siswa untuk mempelajari sekenario dua hari sebelum KBM
3. Guru menunjuk
kelompok siswa yang anggotanya 5 orang
4. Memberikan penjelasan
tentang kompetensi yang ingin dicapai dalam pembelajaran
5. Memanggil siswa yang
sudah ditunjuk untuk melakonkan sekenario yang sudah dipersiapkan
6. Masing – masing siswa
duduk dikelompoknya, masing-masing sambil memperhatikan mengamati sekenario
yang sedang diperagakan
7. Setelah selesai
dipentaskan, masing – masing siswa diberikan kertas sebagai lembar kerja untuk
dibahas
8. Masing – masing kelompok
menyampaikan hasil kesimpulannya
9. Guru memberikan
kesimpulan secara umum
10. Evaluasi
11. Penutup
11. TALKING STIK
Langkah – langkah :
1. Guru menyiapkan
sebuah tongkat
2. Guru menyiapkan
materi pokok yang akan dipelajari, kemudian memberikan kesempatan kepada siswa untuk
membaca dan mempelajari materi pada pegangganya/paketnya
3. Setelah selesai
membaca buku dan mempelajarinya mempersilahkan siswa untuk menutup bukunya
4. Guru mengambil
tongkat dan memberikan kepada siswa, setelah itu guru memberikan pertanyaan dan
siswa yang memegang tongkat tersebut harus menjawabnya, demikian seterusnya
sampai sebagian besar siswa mendapat bagian untuk menjawab setiap pertanyaan
dari guru
5. Guru memberikan
kesimpulan
6. Evaluasi
7. Penutup
12. BERTUKAR PASANGAN
Langkah – langkah :
1. Setiap siswa mendapat
satu pasangan (guru biasa menunjukkan pasangan atau siswa menunjukkannya)
2. Guru memberikan tugas
dan siswa mengerjakan tugas dengan pasangannya
3. Setelah selesai
pasangan bergabung dengan satu pasangan yang lain
4. Kedua pasangan
tersebut bertukar pasangan masing – masing pasangan yang baru ini saling
menanyakan dan mengkukuhkan jawaban mereka
5. Temuan baru yang
didapat dari pertukaran pasangan kemudian dibagikan kepada pasangan semula
13. SNOWBALL THROWLING
Langkah – langkah :
1. Guru menyampaikan
materi yang akan disajikan
2. Guru membentuk
kelompok – kelompok dan memanggil masing – masing ketua kelompok untuk
memberikan penjelasan tentang materi
3. Masing – masing ketua kelompok kembali ke kelompoknya masing
– masing, kemudian menjelaskan materi yang disampaikan oleh guru kepada
temannya
4. Kemudian masing –
masing siswa diberi satu lembar kerja, untuk menuliskan satu pertanyaan apa
saja yang menyangkut materi yang sudah dijelaskan oleh ketua kelompok
5. Kemudian kertas
tersebut dibuat seperti bola dan dilempar dari satu siswa ke siswa yang lain
selama lebih kurang 5 menit
6. Setelah siswa dapat
satu bola/satu pertanyaan diberikan kesempatan siswa untuk menjawab pertanyaan
yang tertulis dalam kertas yang berbentuk bola tersebut secara bergantian
7. Guru memberikan
kesimpulan
8. Evaluasi
9. Penutup
14. STUDENT FACILITATOR AND EXPALINING
Siswa/peserta mempresentasikan ide/pendapat pada rekan peserta lainnya
Langkah – langkah :
1. Guru menyampaikan
kompetensi yang ingin dicapai
2. Guru
mendemonstrasikan/menyajikan materi
3. Memberikan kesempatan
siswa/peserta untuk menjelaskan kepada peserta lainnya baik melalui bagan/peta
konsep maupun yang lainnya
4. Guru menyimpulkan
ide/pendapat dari siswa
5. Guru menerangkan
semua materi yang disajikan saat itu
6. Penutup
15.
COURSE REVIEW HORAY
Langkah – langkah :
1.
Guru menyampaikan kompetensi yang
ingin dicapai
2.
Guru mendemonstrasikan/menyajikan
materi sesuai TPK
3.
Memberikan kesempatan siswa tanya
jawab
4.
Untuk menguji pemahaman, siswa
disuruh membuat kotak 9/16/25
sesuai kebutuhan dan tiap kotak diisi angka sesuai dengan selera masing –
masing siswa
5.
Guru membaca soal secara acak dan
siswa menulis jawaban didalam kotak yang nomornya disebutkan guru dan langsung
didiskusikan, kalau benar diisi tanda benar (v) dan kalu salah diisi tanda (x)
6.
Siswa yang sudah mendapat tanda
(v) vertical atau horizontal, atau diagonal harus segera berteriak
horay....atau yel – yel lainnya.
7.
Nilai siswa dihitung dari jawaban
benar dan horay yang diperoleh
8.
Penutup
16.
EXPLICIT INSTRUCTION (Pengajaran Langsung)
Pembelajaran secara langsung khusus
dirancang untuk mengembangkan belajar siswa tentang pengetahuan prosedural dan
pengetahuan deklaratif yang dapat diajarkan dengan pola selangkah demi
selangkah
Langkah – langkah :
1. Menyampaikan tujuan
dan mempersiapkan siswa
2. Mendemonstrasikan
pengetahuan dan ketrampilan
3. Membimbing pelatihan
4. Mengecek pemahaman
dan memberikan umpan balik
5. Membrikan latihan
untuk latihan lanjutan
17.
COOPERATIF INTEGRATED READING AND COMPOSITION
(CICRC) (Kooperatif Terpadu Membaca dan Menulis)
Langkah – langkah :
1. Membentuk kelompok
yang anggotanya 4 orang yang secara heterogen
2. Guru memberikan
wacana/kliping sesuai dengan topik pembelajran
3. Siswa bekerjasama
saling membacakan dan menemukan ide pokok dan memberi tanggapan terhadap
wacana/kliping dan ditulis pada lembar kertas
4. Mempresentasikan/membacakan
hasil kelompok
5. Guru membuat
kesimpulan bersama
6. Penutup
18. INSIDE OUTSIDE CIRCLE (Lingkaran Kecil
Lingkaran Besar)
Langkah – langlah :
1. Separuh kelas berdiri
membentuk lingkaran kecil dan menghadap keluar
2. Separuh kelas lainnya
membentuk lingkaran di luar lingkaran pertama, menghadap kedalam
3. Dua siswa yang
berpasangan dari lingkaran kecil dan besar berbagi informasi. Petukaran
informasi ini bisa dilakukan oleh semua pasangan dalam waktu yang bersamaan
4. Kemudian siswa berada
di lingkaran kecil diam ditemapat, sementara siswa yang berada dilingkaran
besar bergeser satu atau dua langkah searah jarum jam. Sehingga masing – masing
siswa mendapat pasangan baru
5. Sekarang giliran
siswa di lingkaran besar yang membagikan informasi. Demikian seterusnya
19. TEBAK KATA
Media : Buat kartu ukuran 10x10 cm dan isilah ciri – ciri atau kata-kata
lainya yang mengarah pada jawaban (istilah) pada kartu yang ingin ditebak
Buat kartu ukuran 5x2 cm untuk menuliskan kata/istilah yang mau
ditebak(kartu ini dilipat dan ditempelkan pada dahi/diselipkan ditelinga)
Langkah – langkah :
1. Jelaskan materi lebih
kurang 45 menit
2. Suruhlah siswa
berdiri didepan kelas dan berpasangan
3. Seorang siswa diberi
kartu yang berukuran 10x10 cm yang nanti dibacakan pada pasangannya. Seorang
siswa lainya diberi kartu 5x2 yang isinya tidak boleh dibaca(dilipat) kemudian
ditempelkan didahi atau diselipkan ditelinga
4. Sementara siswa yang
membawa kartu ukuran 10x10 cm membacakan kata-kata yang tertulis didalmnya
sementara pasanganya menebak apa yang dimaksud pada kartu 10x10cm. Jawaban yang
tepat bila sesuai dengan isi kartu yang ditempel didahi
5. Apabila jawabannya
tepat (sesuai yang tertulis dikartu) maka padangan itu boleh duduk. Apabila
belum tepat pada waktu yang telah ditetapkan boleh mengarah dengan kata – kata
lain asal jangan langsung memberi jawaban
6. Dan seterusnya
7. Contoh kartu :
8. Perusahaan ini
tanggung jawabnya tidak terbatas
9. Dimiliki oleh satu
orang
10. Struktur
organisasinya tidak resmi
11. Bila untung dimiliki/diambil
sendiri
Contoh :
Nah, siapakah aku ?
Jawaban : PERUSAHAAN PERSEORANGAN
20. WORD SQURE
Media : Membuat kotak sesuai keperluan
Buat soal sesuai dengan materi
Langkah – langkah :
1. Sampaikan materi
sesuai kompetensi
2. Bagikan lembar
jawaban sesuai contoh
3. Siswa disuruh
menjawab soal kemudian mengarsir huruf dalam kotak sesuai jawaban
4. Berikan poin setiap
jawaban dalam kotak
Contoh :
1. Sebelum mengenal uang
orang melakukan pertukaran dengan cara...................
2. .................digunakan
sebagai alat pembayaran yang sah
3. Uang ...........saat
ini banyak dipalsukan
4. Nilai bahan pembuatan
uang disebut......................
5. Kemampuan uang untuk
ditukar dengan sejumlah barang/jasa disebut nilai..........................
6. Nilai perbandingan
uang dalam negeri dengan uang asing disebut.....................
7. Nilai yang tertulis
pada uang disebut nilai.........................
8. Dorongan seseorang
untuk menyimpan uang untuk keperluan jual beli disebut motif..........
9. Perintah seseorang
yang mempunyai rekening ke bank untuk membayar sejumlah uang
disebut....................
21. SCRAMBLE
Media : Membuat pertanyaan yang sesuai dengan materi
Buat jawaban yang diacak hurufnya
Langkah – langkah :
1. Guru menyajikan
materi sesuai TPK
2. Membagikan lembar
kerja sesuai contoh
Contoh :
Susunlah huruf – huruf pada kolom sehingga merupakan kata kunci(Jawaban)
dari pernyataan kolom A
NO
|
A
|
B
|
1
2
3
4
5
6
7
8
9
|
Sebelum mengenal uang orang melakukan pertukaran dengan cara.........
Digunakan sebagai alat pembayaran yang sah.........
Uang........saat ini banyak dipalsukan
Nilai bahan pembuat uang disebut nilai..........
Kemampuan uang untuk ditukar dengan sejumlah barang/jasa disebut
nilai.......
Nilai perbandingan nilai uang dalam negeri dengan mata uang asing
disebut.......
Nilai yang tertulis pada uang uang disebut..........
Dorongan seseorang untuk menyimpan uang untuk keperluan jual/beli disebut
motif.................
Perintah tetulis dari seseorang yang mempunyai rekening di bank untuk
membayar sejumlah uang disebut.................
|
TARREB/............
GANU/...............
TRASEK/..............
KISTRIANI/..........
LIRI/..................
SRUK/.................
MINALON/...............
SAKSITRAN/............
KEC/.................
A
|
22. TAKE AND GIVE
Media : Kartu ukuran 10x15 cm sejumlah peserta, tiap kartu berisi sub
materi (yang berbeda dengan kartu lainnya, materi sesuai TPK)
Kartu kontrol sejumlah siswa, contoh : Nama siswa sub materi, Nama yang
diberi, dst
Langkah – langkah :
1. Siapkan kelas
sebagaimana mestinya
2. Jelaskan materi
sesuai TPK
3. Untuk memantapkan
penguasaan peserta. Tiap siswa diberi masing-masing satu kartu untuk
dipelajari(dihapal) lebih kurang 15 menit
4. Semua siswa disuruh
berdiri dan mencari pasangan untuk saling menginformasikan materi sesuai kartu
masing – masing. Tiap siswa harus mencatat nama pasangannya pada kartu kontrol
5. Demikian seterusnya
sampai tiap peserta mampu memberi dan menerima materi masing – masing
6. Untuk mengevaluasi
keberhasilan, berikan siswa pertanyaan yang sesuai dengan kartunya (kartu orang
lain)
7. Strategi ini dapat
dimodifikasi sesuai keadaan
8. Kesimpulan
23. CONCEPT SENTENCE
Langkah – langkah :
1. Guru menyampaikan
tujuan
2. Guru menyajikan
materi secukupnya
3. Guru membentuk
kelompok yag anggotanya 4 orang secara heterogen
4. Menyajikan kata
”KUNCI” sesuai materi TPK yang disajikan
5. Tiap kelompok disuruh
membuat beberapa kalimat dengan menggunakan minimal 4 kata kunci setiap kalimat
6. Hasil diskusi
kelompok, disiskusikan lagi secara pleno yang dipandu guru
7. Kesimpulan
SELAMAT MENCOBA
imas feb 2
Tidak ada komentar:
Posting Komentar